Breaking News

Bahas Usulan Pembangunan di Tahun 2024, Pemdes Cimanggu Gelar Musdes




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pemerintah Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, laksanakan Musyawarah Desa (MUSDES) Rencana Kerja Pemerintah Desa  (RKPDes) tahun 2024 pada Selasa (12/09/2023).

Musdes dilangsungkan diaula kantor Desa Cimanggu, dengan dihadiri, Kepala Desa, Ketua BPD, pendamping Desa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Cikembar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karangtaruna, para kepala Dusun, RT/RW dan Tokoh masyarakat.

Kepala Desa Cimanggu, Baenuri Samsi menyampaikan, kaitan pelaksanaan Musdes hari ini, kami pihak pemerintah desa bersama BPD. menampung segala bentuk aspirasi ajuan dari masyarakat yang diawali dengan Musdus.

"Jadi, sekala prioritas apa yang diajukan warga masyarakat dibahas dalam rapat Musdes ini, rencana pembangunan di tahun 2024, mudah-mudahan segala bentuk ajuan yang menjadi sekala prioritas bisa terealisasi dan disesuaikan dengan anggaran yang ada nantinya,"Kata Baenuri Samsi kepada beritaekspos.com Selasa (12/09/2023).

Ia menjelaskan, mayoritas yang di usulkan oleh masyarakat yang dsampaikan melalui kepala dusun yang pertama adalah perbaikan desa, karna kita mendapatkan warisan 70 persen jalan desa rusak berat.

Sementara yang sudah terealisasi kurang lebih baru  20 persen. kerena di tahun-tahun kebelakang untuk anggaran pembangunan kita fokus di penangan Covid sehingga untuk anggaran fisik terpangkas,"Ungkapnya.

Adapun yang menjadi prioritas, sambung Baenuri, berdasarkan usulan di Musdes kali ini, kita masih fokus di infrastruktur jalan desa, jalan lingkungan, darinase dan TPT.

Untuk anggaran akan kami sesuaikan dan meninjau ulang kembali RPJMDes, Karena apa yang direalisasikan itu harus sesuai dengan RPJMDes. Kalau misalkan direalisasikan dan tidaknya seluruh usulan dari masyarakat kami akan sesuaikan dengan pagu anggaran yang ada.

"Kami pun menunggu keputusan dan intruksi baik itu dari Kementerian maupun dari Presiden untuk pengalokasian Juklak dan Juknis anggaran di tahun 2024.

Kalau untuk target, insya Allah semua wilayah dalam rangka pemerataan pembangunan itu pasti ada kegiatan dan pelaksanaannya pun bisa direalisasikan untuk infrastruktur,"Jelasnya. (d/o). 
BACA JUGA BERITA LAINNYA