Breaking News

Wali Kota Sukabumi Resmikan 5 Ruas Pedistrian "Yg Mudah Itu Membangun Yg Sulit Menjaganya



SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Wali Kota Sukabumi dan wakil Wali Kota  di  akhir masa jabatan meresmikan 5 ruas pedestrian atau trotoar hadir dalam peresmian pedestrian Ketua DPRD,Waka Polres kota Sukabumi Wakil Ketua DPRD, Ketua Komis II, unsur Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

"Peresmian pedestrian dan Rapat koordinasi lintas sektor untuk keberlangsungan pembangunan kesehatan.

Wali Kota Sukabumi H Achmad Fahmi mengatakan Alhamdulillah 5 ruas pedestrian hari ini diresmikan, tentunya kami berharap pedistrian ini akan menjadi kebahagiaan buat warga  masyarakat, juga bisa meningkatkan warga Kota Sukabumi semakin hobi berjalan kaki,kita juga harus bisa menjaga bersama  yang mudah itu membangun, yang sulit itu merawat dan menjaganya," ungkapnya .


Pedestrian yang kita bangun hari ini adalah pedestrian yang ramah disabilitas dan juga ramah buat lansia,dan bentuknya seperti ini, mudah-mudahan pedistarian ini bisa dirasakan dan dimanfaatkan dengan baik  oleh teman-teman disabilitas ataupun para lansia.

Pedistrian atau trotoar bukan hanya pejalan kaki, namun disitu ada juga tempat beristirahat. Karena, bagi para lansia semua itu sangat dibutuhkan untuk menunjang kebiasaan berjalan kaki.

Senada disampaikan oleh Kepala Dinas DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) Kota Sukabumi Soni Hermanto
saya kira penataan pedestrian tahun ini, adalah penataan yg terpanjang sepanjang penataan pedestrian yang pernah dilakukan di kurun waktu 5 tahun terakhir. 

Tercatat dari 16.000,. meter, dan tahun ini dilaksanakan 8.000,. meter untuk penataan pedestrian nya, dan kemudian juga kita berharap,bahwa apa yang sudah kita lakukan bersama-sama bisa menjadikan  pedistarian bisa bermanfaat buat  masyarakat," ucapnya.

Kita juga memberikan sarana untuk pejalan kaki, sehingga akan menjadi destinasi wisata yang murah untuk warga masyarakat. 

Lebih lanjut  dia menambahkan  dengan diresmikannya penataan pedestrian ini, berarti semua pekerjaan sudah dilaksanakan 100 persen, tinggal sekarang  masa pemeliharaan selama 6 bulan ke depan," jelasnya.

5 ruas jalan yang ditata oleh kita  diantaranya jalan Sudirman,  jalan Veteran, Arif Rahman Hakim, jalan Bhayangkara dan jalan Siliwangi. 

Untuk penataan pedestrian tahun 2023 terbagi menjadi 2 sumber anggaran, yang pertama adalah dari anggaran Bankeu(Bantuan keuangan) provinsi yang kedua adalah menggunakan anggaran APBD  Kota Sukabumi. 

Untuk pengerjaan yg bersumber dari APBD  yaitu ruas jalan Bhayangkara terbagi menjadi 5 segmen, dan yang 4 ruas jalan lagi dibiayai oleh Bantuan keuangan provinsi. 

Saya kira hampir di seluruh Kota Kabupaten membangun yang sama, ketersediaan bahan yang memang diperlukan nya  itu sama dan akan menjadi salah satu faktor terhambat nya pekerjaan, tetapi pada prinsipnya bahwa pekerjaan kita dari 0 persen sampai dengan 100 persen, Rata-rata kita mengalami defiasi positif dalam pelaksanaannya. 

Kemudian masalah keterlambatan itu pasti akan terjadi karena bahan -bahan yang di pakai berebutan, semua membutuhkan bahan yg sama hampir di seluruh seluruh Jawa Barat berebut terkait bahan baku yang kita butuhkan. 

Untuk penataan pedestrian menurut nya akan terus berkembang, seiring dengan ruas jalan yang belum semuanya kita tata atau kita rubah pedestrian nya, untuk tahun 2024 kita memang tidak terfokus pada pedestrian tapi pada bidang  titik-titik yang lain, jadi sementara untuk kekurangan  pedestrian yang ditata di jalan Bhayangkara akan di tangani oleh pihak provinsi," pungkasnya.

OIS

BACA JUGA BERITA LAINNYA