Breaking News

*Satgas Yonif 310/KK Berikan Pemahaman Tentang Wawasan Kebangsaan Kepada Generasi Muda di Perbatasan RI-PNG*




KEEROM, beritaekspos.com ~ Tumbuhkan rasa cinta kepada bangsa dan negara para generasi muda diperbatasan, Pos Ubrub Satgas Yonif 310/KK dibawah naungan Kolakopsrem 172/PWY berikan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dengan materi 4 Pilar Kebangsaan kepada siswa-siswi SMPN 1 Web di Distrik Web Kabupateb Keerom, Papua, Kamis (19/10/2023).

Hal ini dikatakan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Dansatgas menjelaskan bahwa Wawasan Kebangsaan memiliki arti penting dalam mempertebal rasa kebangsaan serta meningkatkan semangat kebangsaan. Tujuan Wawasan Kebangsaan ini adalah untuk menciptakan generasi bangsa yang berwatak dan menciptakan peradaban bangsa yang bermartabat, yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individual dan kelompok.


"Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas Dansatgas Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, mempelajari wawasan kebangsaan bertujuan untuk memberi pemahaman tentang Bangsa Indonesia dan dasar-dasar mengenai bangsa ini dalam rangka mewujudkan persatuan. Sebagai generasi muda besar harapan bangsa diletakkan diatas pundak mereka. Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas dan beragam. Dari ujung barat ke ujung timur, setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya sendiri. Begitu beragam suku, budaya, ras, dan agamanya. Kekayaan alam Indonesia juga begitu berlimpah dan beragam.

Ditempat terpisah, Komandan Kompi 2 Kapten Inf Dicky Dian Saputra S.T.Han sekaligus sebagai Danpos Ubrub menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan karakter dan penanaman nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda. Wawasan kebangsaan merupakan fondasi yang penting untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 58 siswa, yang terdiri dari anak kelas 7, 8 dan 9. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, aktif bertanya dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disampaikan," tambah Kapten Dicky.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Web Bapak Supriyanto, S.Pd., (47) menyampaikan apresiasi atas kegiatan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 310/KK. Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada para siswa-siswi tentang pentingnya wawasan kebangsaan.

"Saya senang bisa belajar tentang wawasan kebangsaan dari Bapak TNI. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya," ungkap Novela (16).

"Saya jadi tahu bahwa wawasan kebangsaan itu penting untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia," ucap Zakaria (16).

"Saya akan menerapkan nilai-nilai wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Ina (15).


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

BACA JUGA BERITA LAINNYA