Breaking News

70 Kepala Desa Kab Sukabumi Resmi Di Lantik Bupati Sukabumi Di Hotel Sukabumi Indah



SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pelantikan 70  Kepala Desa dari 38. Kecamatan semoga bisa memberikan dampak Percepatan pembangunan diwilayah yg hari ini terdampak inplansi maupun juga kondisi ekonomi Global ucapan itu disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami usai Melantik 70, Kepala Desa Se-Kab, Sukabumi di Hotel Sukabumi Indah, rabu 15/11/2023.


Para kepala desa yang baru dilantik ini, merupakan hasil Pilkades serentak siklus/gelombang II tahun 2023. Para kepala desa ini, akan mengemban jabatan hingga enam tahun mendatang. Hal itu terhitung 2023-2029. 

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menuturkan, pelantikan ini merupakan momen yang sangat penting dan dinantikan keluarga hingga pendukung setia kepala desa terpilih. Sebab, kepala desa terpilih telah disahkan sesuai mekanisme dan ditegaskan dalam regulasi yang mengatur untuk memimpin wilayahnya.

"Pasca pelantikan saudara sebagai kepala desa, kewenangan dan tugas serta fungsinya sudah melekat menurut kapasitasnya dan sah secara hukum," ujarnya. 

Maka dari itu, pelantikan ini harus menjadi momen untuk meluruskan niat, menguatkan tekad, dan memantapkan langkah. Terutama, dalam membuat perubahan positif yang berkelanjutan. Hal itu demi kemajuan daerah dan masyarakat sejahtera lahir batin. 

"Tumbuh kembangnya kemajuan pembangunan di desa, termasuk tingkat kesejahteraan desa terletak pada kepiawaian kepala desanya," ucapnya.

Oleh karena itu, H. Marwan menitipkan sejumlah pesan kepada para kepala desa yang baru dilantik. Hal itu diawali dengan karakter diri yang harus menjadi panutan bagi perangkat desa beserta masyarakat. 

"Sikap, tindakan, keputusan, dan kebijakan yang ditetapkan/dikeluarkan harus hati-hati. Tidak boleh kontroversi, apalagi berpotensi merugikan publik," ungkapnya. 

Selain itu, H. Marwan pun menekankan profesionalisme, akuntabilitas, transparansi, dan mampu menjadi katalisator bagi perubahan atau inovasi positif. Sehingga, nantinya bisa meninggalkan warisan yang baik hingga diingat/dikenang, dan dicontoh. 

"Perhatian yang tak kalah penting bagi kepala desa adalah penerapan tertib dan disiplin penggunaan anggaran. Jadi, fokuslah bekerja dan layani masyarakat sebaik mungkin. Jangan lupa, penuhi janji untuk memberikan yang terbaik tanpa membenturkan nilai dan norma," ungkapnya.

Lanjut Bupati,Para Kades yg terpilih dan yg di Lantik hari ini bisa mencari solusi menjawab persoalan ,karena pertama hari ini  mulai banyak industri yang mulai merumahkan pekerja nya karena daya beli masyarakat diluar pun terdampak dari perang palestina Israel, dan ini harus dicari ruang bagaimana di desa itu memberikan pemberdayaan masyarakat yg terdampak PHK.

Terutama mereka bisa melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi tentunya perputaran nya bisa di disikapi oleh seluruh  badan usaha milik Desa untuk percepatan masalah resesi ekonomi nya.

Jadi Kepala Desa yang  melanjutkan maupun Kepala Desa yg baru  akan sangat terdampak dari resesi ekonomi, seperti  ambil contoh di Sukalarang, ada dua industri pekerja nya banyak yg di rumahkan, sementara di tempat itu banyaknya rumah kontrakan dan daya belinya itupun tetap harus di antisipasi mudah mudahan para kepala Desa yg bisa mencari solusi nya," pungkasnya.

Jurnalis : Ois



BACA JUGA BERITA LAINNYA