Breaking News

KAKANWIL PROVINSI JABAR TARGETKAN 7 KUA DI KOTA SUKABUMI TEREVITALISASI



SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. Ajam Mustajam mengharapkan 7, KUA di Kota Sukabumi dapat terevitalisasi selama masa kepemimpinannya di Jawa Barat, ucapan itu disampaikan saat memberikan pembinaan di acara Pajero – 7 (Pak Ajam Ngobrol Jero 7 Program Prioritas Kementerian Agama) bersama ASN di Lingkungan Kementerian Agama Kota Sukabumi, jalan Taman Bahagia Kecamatan Warudoyong,Selasa (21/11).


Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) telah ditetapkan sebagai program prioritas Kementerian Agama. Salah satu yang dilakukan dalam proses revitalisasi, yakni menyiapkan KUA sebagai tempat untuk memberikan layanan keagamaan.

"Menteri Agama menginstruksikan Revitalisasi KUA. Itulah yang mendorong kita memperbesar fungsi KUA. Di KUA  juga nantinya akan dilaksanakan juga fungsi non kebimas islaman," Ungkapnya.

Ajam menjelaskan beberapa layanan non Bimas Islam yang dimaksud, misalnya registrasi dan konsultasi sertifikasi halal, manasik haji, hingga layanan penyuluh lintas agama.
Untuk itu, menurut Ajam, layanan ini perlu dirancang melalui regulasi, dan memiliki konsekuensi kepada masing-masing eselon I untuk menganggarkan pelaksanaan pelayanan.

"Penganggarannya kembali ke eselon I masing-masing. Tidak hanya anggaran, tapi juga sumber daya manusia, fasilitas, terutama yang paling penting adalah dokumen," Terangnya.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, H. Samsul Puad. Sebanyak 4 KUA Kecamatan di Kota Sukabumi sudah melaksanakan revitalisasi, diantaranya KUA Cikole, KUA Gunungpuyuh, KUA Citamiang dan KUA Warudoyong. Sejalan dengan Kakanwil, Puad juga menargetkan selama kepemimpinannya dapat merevitalisasi 7 KUA di Kota Sukabumi.

Selain dialog, dalam kesempatan tersebut Kakanwil bersama Kepala Kantor menyerahkan bantuan kepada 10 siswa Madrasah, Penyerahan secara simbolis serttifikat tanah wakaf rumah ibadah, Penyerahan sertifikat produk halal, Penyerahan bantuan untuk palestina melalui UPZ Kemenag Jabar sekaligus pengukuhan pengurus BKM Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi. 
(Humas Kemenag Kota Sukabumi). 
Kontributor :Fitra Nurjaman

Red

BACA JUGA BERITA LAINNYA