Breaking News

Pemerintah Desa Sukamukti Gelar RKPDes 2024, Menuju Kemakmuran dan Kesejahteraan Masyarakat




GARUT, beritaekspos.com -- 
Pemerintah Desa Sukamukti Gelar RKPDes 2023, untuk Rencana Kerja Pemerintah Desa Sukamukti di Tahun 2024 mendatang, bertempat di Aula Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Selasa, 31 Oktober 2023.

Kepala Desa Sukamukti H.Dadan Hamdani, S.IP, mengatakan dari hasil penetapan RKPDes 2024 ini merupakan acuan kinerja Pemerintah Desa Sukamukti untuk dimasa yang akan datang, baik itu untuk pembangunan maupun dalam pemberdayaan masyarakat, ungkapnya.


"Harapan Saya RKPDes ini, akan kita tuangkan dalam APBDes paling akhir tanggal 31 Desember 2023 harus sudah disahkan, karena RKPDes ini sangatlah penting bagi kami selaku Pemerintahan Desa sebagai acuan dasar dalam pelaksanaan kegiatan Pemerintahan Desa," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik itu BPD, LKD dan warga masyarakat yang telah aktif, mulai perencanaan, penggalian gagasan, kemudian melihat apa yang menjadi harapan masyarakat,

Selain itu pula apa yang menjadi persoalan dalam masyarakat, dan pada akhirnya menjadi sebuah usulan yang mudah-mudahan bisa menjadi solusi dan kita laksanakan di Tahun 2024 secara bersama-sama, tandasnya.

Ditempat yang sama ketua BPD, H. Ikin Sodikin menjelaskan, Alhamdulillah dengan telah selesainya Musdes RKPDes hari ini, untuk penetapan rencana kerja Pemerintah Desa Sukamukti tahun 2024 ada beberapa hal yang akan dilaksanakan, yang sudah tercantum dan sudah diajukan oleh setiap Rt dan Rw, ucapnya.

"Masing-masing Rw ada yang mengusulkan untuk pembangunan jalan lingkungan, pembangunan TPT, peningkatan masalah perekonomian, dan mengenai pendidikan yang berkualitas bagi siswa tidak mampu," ujarnya.

Sementara Kasi PMD Kecamatan Banyuresmi Azis Dahyar Mulyana Fakpahan, S. Sos. Mengapresiasi Musdes di Desa Sukamukti, dimana pelaksananan RKPDes ini merupakan relevansi dari Permendes No 03 Tahun 2021, yaitu tentang pendaftaran, pendataan, perengkingan (pemaringkatan), pembinaan dan pengembangan dan pengadaan barang atau jasa, yang diprioritaskan oleh kepentingan masyarakat, paparnya.

"Setelah selesai penetapan dan pengesahan rumuskan penyusunan RKPDes ini, nanti selanjutnya untuk dibawa ke forum musyawarah di tingkat kecamatan atau disebut (Musrembang) Kecamatan Banyuresmi," ujarnya 

Kami mendorong Kepada Pemerintah Desa untuk segera mengesahkan RKPDes ini, karena sebagai unsur untuk penyusunan anggaran pendapatan belanja desa dan sebagai acuan dan pelaksanaan pembangunan desa dalam jangka waktu 1 tahun.

"Untuk diketahui bersama, Alhamdulillah Thun 2023 ini, pembangunan di Kecamatan Banyuresmi sebagaimana hasil dari kegiatan musrenbang di tahun-tahun sebelumnya, melihat yang kita rasakan ini sangat besar anggaran yang di kucurkan ke Kecamatan Banyuresmi," imbuhnya 

Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Banyuresmi, sangat sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Garut, dengan adanya peningkatan-peningkatan jalan sarana perhubungan, sarana wisata, Alhamdulillah kami rasakan, kami lihat, tentunya pembangunan ini demi kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat Desa Sukamukti khususnys dan juga untuk Desa lain diwilayahnya Kecamatan Banyuresmi secara umum. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA