Breaking News

Sebanyak 12 Rumah Warga di Cibadak Sukabumi Terdampak Longsor dan 69 Lainnya Terancam



SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Sebanyak 12 rumah warga di Kampung Cibatu Hilir  RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terdampak bencana tanah longsor.


Bencana tanah longsor terjadi pada Rabu pagi sekira pukul 06.30 WIB. Longsor di sebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah tersebut.

Kepala Desa Sekarwangi Abeng Baenuri menyampaikan, sekitar pukul 06 pagi, saya mendapat informasi dari ketua RW bahwa ada bunyi-bunyi suara di atas yang mencurigakan.

"Nah setelah itu saya langsung meluncur ke lokasi ternyata betul sudah ada beberapa rumpun bambu yang sudah miring dan ada bunyi Kretak kretek, mungkin itu dari pecahan-pecahan bambu."Kata Abeng Baenuri kepada beritaekspos.com Rabu (24/01/24).

Ia mengatakan, setelah saya melihat akan ada potensi longsor, maka mengintruksikan kepada warga yang berada di bawah, karna ada lebih 10 rumah yang terancam longsor, saya di haruskan untuk keluar mengungsi dan Alhamdulillah semua sudah keluar.

"Begitu kejadian tepat sekitar pukul 06.30 Wib, terjadilah longsor. Kejadian longsor memang tidak sekaligus karna terhalang, mungkin oleh Bambu-bambu dan sampai saat ini pergerakan tanah masih terus terjadi dan rumah warga yang tertimbun sampai saat ini ada 12 rumah. "Ungkapnya.

Untuk warga yang rumahnya tertimbun, Sambung Abeng, mereka sebagian di evakuasi mengungsi sebagian ke-rumah Warga, ada yang ke-rumah tetangga dan juga ke rumah saudaranya.

"Kami lebih mengutamakan keselamatan jiwa daripada harta benda yang lainnya dan Alhamdulillah tidak ada Korban Jiwa dalam kejadian longsor ini,"Terangnya.
 
Abeng menjelaskan, akibat longsor tersebut, sebanyak 15 kepala keluarga (KK) dan 51 jiwa harus di ungsikan, karena rumah mereka mengalami rusak berat tertimbun longsor.

Selain 12 rumah terdampak, 69 rumah lainnya di lokasi tersebut juga terancam, sementara untuk jumlah korban terancam  sebanyak 75 Kepala Keluarga (KK) dan  239 jiwa.

Atas kejadian ini saya menghimbau kepada warga saat ini curah hujan sangat tinggi, di harap untuk Hati-hati waspada karna di Desa Sekarwangi ada 8 titik rawan longsor selain dari RW 11 ini.

"Kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan apalagi ke saluran air karena itu bisa mengakibatkan banjir dan longsor,"Pungkasnya. (de).

BACA JUGA BERITA LAINNYA