Breaking News

Pendampingan PKH Ali Muhamad Maliki, S.Pd.I, Sosialisasikan FDS Dynamix dalam peningkatan Kemampuan KPM PKH




GARUT, beritaekspos.com - 
Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Ali Muhamad Maliki, S.Pd.I, melaksanakan kegiatan sosialisasi materi FDS Dynamix bertempat di wilayah Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Jumat, 08 Maret 2024.

Menurut Ali, kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), merupakan proses belajar secara terstruktur untuk memperkuat terjadi perubahan prilaku kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima porgram PKH, ungkapnya.

Lanjut Ali tujuan dari kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) adalah; meningkatkan pengetahuan praktis mengenai kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, ekonomi, dan perlindungan anak.

Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keluarga PKH mengenai kondisi, kebutuhan dan perawatan yang dibutuhkan lansia, dan orang dengan disabilitas berat.

Membangun kesadaran peserta PKH terhadap pentingnya pemenuhan kewajiban dalam bidang kesehatan dan pendidikan dalam PKH. Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan dan pengasuhan, kesehatan, ekonomi dan perlindungan anak.

Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait perawatan dan pemeliharaan terhadap lansia dan orang dengan disabilitas berat. Meningkatkan keterampilan orang tua dalam bidang pendidikan dan pengasuhan anak, kesehatan, ekonomi dan perlindungan anak.

"Meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya agar dapat digunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat," tandasnya.

Dalam kesempatan itu pun Ali juga memberikan materi-materi melalui modul yang disampaikan disetiap pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), diantaranya;

Modul 1 kesehatan dan gizi, diantarannya: Pentingnya Gizi dan layanan kesehatan ibu hamil
Pentingnya gizi untuk ibu menyusui dan balita Kesakitan dan kesehatan lingkungan (cuci tangan, jamban, dll).

Modul 2 pengasuhan dan pendidikan anak, diantaranya :
Menjadi orangtua yang lebih baik
memahami perkembangan dan perilaku anak, memahami cara anak usia dini belajar, dan membantu anak sukses di sekolah.

Modul 3 pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha, diantaranya; mengelola keuangan keluarga, cermat meminjam dan menabung,
Memulai usaha.

Modul 4 perlindungan anak diantaranya; pencegahan kekerasan pada anak penelantaran dan eksploitasi terhadap anak.

Modul 5 kesejahteraan sosial diantaranya; Pelayanan bagi penyandang disabilitas berat
Pentingnya kesejahteraan lanjut usia.

Modul 6 pencegahan dan penanganan stunting diantaranya; Kebijakan pencegahan dan penanganan stunting bagi SDM Kesos, penanganan Stunting melalui pemenuhan kesejahteraan ibu hamil

Pencegahan dan penanganan stunting melalui pemenuhan kesejateraan anak baru lahir dan Ibu Menyusui, pencegahan dan penanganan stunting melalui pemberian stimulasi pada Anak
pemanfaatan bantuan sosial dalam pemenuhan Gizi Anak dan Ibu Hamil.

Pencegahan dan penanganan stunting melalui kebersihan diri dan lingkungan, pemetaan kemampuan keluarga dan mendukung aksi bersama dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Nantinya kegiatan ini akan berkolaborasi dengan Stakeholder agar peningkatan pemahaman KPM yang diberikan langsung oleh ahlinya, 

Selain pemberian sosialisasi materi FDS Dynamix, Ali juga tidak bosan bosannya untuk mensosialisasikan kepada semua KPM PKH untuk selalu melaksanakan gerakan pegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Sendiri. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA