Breaking News

Kolaborasi PT. Jasa Raharja, Dishub dan Satlantas Polres Garut, Gelar Ramp Check Guna Keselamatan Penumpang



GARUT, beritaekspos.com - 
PT.Jasa Raharja Perwakilan Tasikmalaya yang di wakili Oleh Susatria Sambasri, S.Sos selaku Penanggung Jawab Samsat Garut menghadiri kegiatan Ramchek yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut bersama Satuan Lalulintas (Satlantras) Polres Garut serta Jasa Raharja di Sekitaran Rumah Makan Botram Serta Sekitaran Hotel Sabda Alam, Kabupaten Garut. Sabtu 18 Mei 2024.

"Dasar Hukum Pelaksanaan Ramp Check UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Permenhub Nomor 85 Tahun 2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum"

Kepala Dinas Dishub Garut Satria Budi mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut rapat koordinasi guna mengevaluasi dan membentuk bus pariwisata yang berkeselamatan.  

"Dalam kegiatan tersebut pihaknya juga melakukan pengarahan kepada pengemudi untuk mentaati Peraturan tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," tandasnya 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kasatlantas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi, Tim Dishub Provinsi beserta Tim Penguji dari Dishub untuk mengingatkan pengemudi agar menjaga kesehatan, dan beristirahat ketika lelah dan mengatuk.

Untuk diketahui sebagaimana dilansir Menhub Karya Sumadi pada Rakor yang digelar menyampaikan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk memberikan rasa jera pada pelaku pelanggaran peraturan, khususnya pada angkutan darat yang mengancam keselamatan penumpang. Seperti pada kecelakaan Bus Trans Putera Fajar yang terjadi di Subang, Jawa Barat pada 11 Mei 2024. 

Dalam kesempatan kegiatan tersebut, penanggung jawab PT. Jasa Raharja (Persero) Susatria Sambasri, S.Sos, melakukan sosialiasasi upaya pencegahan kecelakaan lebih mengedepankan aspek sosialnya, dan keselamatan.

"Bentuk sosialisasi, himbauan keselamatan, serta edukasi kepada masyarakat baik kepada pemilik PO maupun kepada masyarakat selaku pengguna jasa angkutan umum untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan," Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA