Breaking News

Sebanyak 30 Pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi Mengikuti Bimtek Perizinan Berbasis Online





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perizinan berbasis online.

Kegiatan Bimtek di langsungkan di gedung aula UPTD DKUKM Cikembang Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (16/05/24).


Kepala bidang pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sukabumi, Virli Virliana menyampaikan, hari ini kegiatan bimtek perizinan berbasis online, dengan peserta berjumlah 30 orang, terdiri dari pelaku usaha mikro yang belum mempunyai legalitas NIB dan Halal.

"Materi yang di sampaikan, yaitu tentang fasilitasi perizinan melalui OSS (Online Single Submission) juga fasilitas halal,"Ungkap Virli kepada beritaekspos.com Kamis (16/05/24).

Virli mengatakan, para peserta cukup antusias karna berkaitan juga dengan himbauan dari pemerintah, bahwa produk UMKM Haris bersertifikat halal, walaupun waktunya sudah di perpanjang sampai 2026.

"Tapi paling tidak, kita melanjutkan himbauan dari pemerintah tersebut, untuk produk UMKM kabupaten Sukabumi sudah bersertifikat halal. Targetnya sih mudah-mudahan jangan sampai 2026 yah, 2024 pun bisa sudah terpasilitasi semua produk UMKM nya, "Bebernya.

Bagi produk UMKM, Sambungnya, mayoritas makanan Memeng dari kuliner, maka dengan perijinan berbasis online ini sangat membantu karena memang kalau sudah berbasis online, tentunya mempermudah bagi mereka, tinggal kita pendampingan.

"Jadi, karena memang kalau pelaku mikro ini terbatas, dalam artian mereka banyaknya ibu-ibu kadang mereka digitalisasinya masih perlu pendampingan dari kita."Tutur Virli.

Terkait kendala ia menjelaskan, pertama memang mengenai pengetahuan digitalisasinya, yang kedua mungkin juga kalau digitalisasi kaitan dengan jaringan kadang internetnya yang memang kalau online itu sangat berpengaruh jaringan dan aksesnya mungkin kendalanya itu.

Tapi kalau dari sisi UMKM nya sendiri itu mudah, karena ada pungsi kita di sana untuk  mendampingi. Jadi kalau untuk meng Upload segala macam insya Allah semuanya kita bantu.

"Himbauan kami dinas Koperasi dan UKM, bagi para pelaku usaha mikro yang ada di Kabupaten Sukabumi terus berinovasi, karena perkembangan itu semua terkait kretifitas dan inovasi kita sendiri,"Pungkasnya. (De)

BACA JUGA BERITA LAINNYA