Breaking News

Cetak Generasi Anak Yang Islami, MDTA Nurul Huda Cikembar Gelar Pelepasan dan Kenaikan Kelas




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Nurul Huda di Desa/Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar pelepasan dan kenaikan kelas pada Senin (24/06/24).

Kepala MDTA Nurul Huda, Yayat Nurhayati menyampaikan, pada hari ini MDTA Nurul Huda Cikembar  melaksanakan pelepasan dan kenaikan kelas 6 tahun ajaran 2023/2024.
    
"Alhamdulillah, tadi kami kedatangan Bpk  wakil Bupati H. Iyos Somantri sekitar Jam 7 untuk pelepasan pawai ta'aruf,"Kata Yayat Nurhayati kepada Beritaekspos.com Senin (24/06/24)

Yayat mengatakan, kegiatan seperti ini di adakan tiap tahun oleh MDTA Nurul Huda, dan khusus tahun ini anak-anak ada hapalan khusus murid-murid yang Tahfiz Qur'an Juz ke 30 dan tadi Alhamdulillah sukses.

"Tadi pak wakil Bupati pesan, katanya sekarang MDTA itu semuanya sekabupaten yang mau melanjutkan ke SMP itu harus punya Ijazah atau sertifikat Madrasah Diniyah."Ungkapnya.

Yayat menjelaskan, jumlah siswa MDTA Nurul Huda tahun ini mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 itu ada sekitar 180 orang, yang dilepasnya 36 orang siswa kelas 6.

Pendidikan khusus yang diterapkan yaitu ada hapalan setoran. Jadi anak itu dari kelas 3 siapa yang hapal itu disetor ke guru khusus pembimbing, mengenai hapalan tahfiz Qur'an.

"Jadi, diluar guru kelas ada khusus guru pembimbing mengenai tahfiz  Qur'an. Jadi setoran anak itu sudah hapal berapa ayat atau berapa surat."Tuturnya.
  
Dalam prosesi pelepasan dan kenaikan kelas, lanjut dia, ada berbagai penampilan kreasi anak, mulai dari Tari- tarian islami, bacaan Doa-doa, bacaan 30 juz, Pidato-pidato anak, percakapan bahasa arab, dan Puisi-puisi islami, itu yang di tampilkan. 
 
Dan nanti sore juga akan digelar pengajian khusus dan manggil Ustad dari luar. Kemudian di akhir ditutup dengan atraksi kabaret itu khusus dari anak-anak kelas 6 yang lulus atau yang dilepas hari ini.
 
"Pesan buat anak-anak, tetap usahakan berprilaku yang islami di masyarakat, ilmu yang didapat gunakan dengan baik dalam kehidupan sehari- hari dan jaga nama baik sekolah khususnya Madrasah sehingga ke depan mereka menjadi generasi anak yang bisa dibanggakan,"Pungkasnya. (De).

BACA JUGA BERITA LAINNYA