Breaking News

Saluran Irigasi di Desa Sukamaju Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terlantar





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Hujan deras yang melanda di Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu, menyebabkan saluran irigasi di Kampung Muara Cikembang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar, mengalami longsor dan merusak puluhan hektar lahan sawah milik warga.

Longsornya saluran irigasi di aliran sungai Cicatih sepanjang 20 meter
Lebar 2.5 meter dan merusak sedikitnya 
1000 meter lahan sawah karena tumpahan air yang membawa lumpur.

Berdasarkan informasi dari Kepala Desa Sukamaju, Diran Bachari menyampaikan, bahwa dampak longsornya saluran irigasi di Kampung Muara Cikembang sekitar 300 hektar lahan sawah terlantar.

"Atas kejadian tersebut, kami dari pemerintah desa Sukamaju telah melaporkan ke BPBD, dan Alhamdulillah dapat bantuan kawat Bronjong dan pralon,"Kata Diran kepada beritaekspos.com Minggu (26/06/24).

Diran menjelaskan, melihat kondisi yang parah perlu perbaikan dengan alat berat.
Kami dan warga akan gotong royong untuk Perbaikan sementara agar air bisa lewat dengan peralatan yang disediakan dari BPBD.

"Karena kalau untuk perbaikan permanen. Itu merupakan kewenangan dari dinas PSDA kabupaten. Sementara dari pemdes dan warga hanya bisa membantu untuk swadaya selama proses perbaikan."Ungkapnya.

Kami dari pihak pemdes, Lanjut Diran, telah melaporkan dan menghadap langsung ke pak Kabid Pengairan kabupaten Sukabumi.

"Untuk mengusahakan  program di perubahan supaya bisa di perbaiki tahun ini, dan beliau pun sudah siap untuk membantu,"Pungkasnya. (De).




BACA JUGA BERITA LAINNYA