Breaking News

Asesmen Sumatif Akhir Semestar di PKBM Sanggar Juang Berjalan Lancar




KARAWANG, beritaekspos.com - 
PKBM Sanggar Juang laksanakan asesmen Sumatif akhir Semester dengan jadwal ujian 10-13 Juni Senin-Kamis  dan Sabtu-Minggu 15-16 Juni 2024.


Tedi Fitnaguhardi Pengelola PKBM Sanggar Juang menyampaikan bahwa PKBM Sanggar Juang laksanakan asesmen sumatif akhir semester untuk Wajib Belajar (WB).

“Penilaian atau asesmen Sumatif adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar Peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan,”ujarnya pada media, Senin (10/6/2024)

Dikatakan Tedi, kegiatan penilaian dalam pembelajaran harus dirancang dengan konsep yang baik supaya dapat mengukur dan memberikan informasi mengenai pencapaian kompetensi Warga Belajar yang diperoleh selama proses pembelajaran yang meliputi kegiatan belajar tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.

Kegiatan Penilaian Asesmen Sumatif akhir jenjang Derajat Kompetensi Tingkat VI Mahir 2 Paket C Setara Kelas XII SMA , adalah sebagai bentuk evaluasi Akhir Jenjang yang telah jabarkan dalam Panduan pembelajaran dan asesmen Kurikulum 2013. menjelaskan bahwa Ada 3 Jenis Asesmen Sumatif yaitu:

“Jenis asesmen sesuai fungsinya mencakup: asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for Learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning),”ungkapnya.

Dengan demikian maka pada Tahun 2024 Semester Genap ini PKBM Sanggar Juang melaksanakan Assessmen Of learning atau asesmen akhir Jenjang yang dikhususkan pada peserta didik paket C Kelas XII Setara SMA, Paket B Setara SMP dan Paket A setara SD Tahun pelajaran 2023/2024. 

(gi).
BACA JUGA BERITA LAINNYA