Breaking News

Kapolsek Purwakarta Kota dan Forkopimda Hadiri Rembuk Stunting Purwakarta 2024




PURWAKARTA, beritaekspos.com - Kapolsek Purwakarta Kota Kompol Marsono., S.Pd bersama Forkopimda menghadiri kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten Purwakarta Tahun 2024, Jumat (5/7/2024).

Kegiatan yang bertemakan Bersatu Lawan Stunting Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas, diselenggarakan di Bale Sawala Yudhistira Kantor Pemda Purwakarta.

Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka layanan edukasi serta intervensi makanan pencegah Stunting untuk Balita dan Ibu Hamil (Hamil), dalam rangka pencegahan Stunting.

Kapolres Purwakarta Polda Jabar AKBP Edwar Zulkarnain., SIK., SH., MH melalui Kapolsek Purwakarta Kota Kompol Marsono., S.Pd menjelaskan, pemberian makanan tambahan (PMT) ini diberikan kepada seorang Balita yang kurang gizi, dimana hal itu sangatlah penting untuk pemenuhan gizi bagi Balita.

Tak hanya itu, PMT yang berfokus baik pada zat gizi makro maupun zat gizi mikro bagi balita sangat diperlukan dalam rangka pencegahan Balita Stunting.

Kemudian bahwa, Pemberian makanan tambahan (PMT) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk kesehatan bayi dan balita, memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya, dan mencegah stunting.

"Stunting merupakan isu di bidang kesehatan yang saat ini menjadi perhatian serius dari pemerintah," ungkap Kapolsek Kompol Marsono., S.Pd.

"Stunting atau gagal tumbuh merupakan sebuah kondisi yang mana tinggi badan anak tidak sesuai dengan anak seusianya," lanjut perwira Polri itu.

Seperti yang diketahui, beberapa penyebabnya yakni, kekurangan gizi, lingkungan yang kurang sehat, yang berdampak adanya gangguan perkembangan otak, sistem rendah.

Karena itu, untuk mengatasinya, pemerintah berkomitmen dengan Stakeholder untuk menurunkan angka Stunting melalui beberapa kebijakan kesehatan. Dimana kebijakan tersebut berupa Program  Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada 90 hari Pertama Kehidupan (HPK).

"Hal tersebut bertujuan apabila ada yang terdeteksi terdapat masalah atau ganguan kesehatan dapat segera tertangani dengan baik dan tidak terlambat," pungkas Kapolsek.

(Jajang S) 

BACA JUGA BERITA LAINNYA