Breaking News

Longsor Tebing di Desa Tanjungsari Jampang Tengah, Putus Akses Jalan Desa dan Rusak Hektaran Lahan Pertanian Warga





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Sukabumi pada Sabtu 29 Juni 2024, mengakibatkan tebing di kedusunan Cibangkong, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, mengalami longsor.

Longsor tebing terletak di Kampung Cibangkong, RT 02/11 Desa Tanjungsari,  Kecamatan Jampang Tengah, akibatnya akses jalan desa terputus, Minggu (30/06/24).

Berdasarkan informasi dari Kepala Dusun Ciguha, Samsudin menyampaikan, longsor tebing jalan desa akibat hujan lebat cukup lama pada Sabtu 29 Juni 2024, sekira pukul 14.30 wib, hingga sampai dengan pukul 01.00 wib, Minggu 30/06/24  dini hari.

"Akibatnya, akses jalan desa yang menghubungkan 2 desa antara Desa Tanjungsari dan Desa Bojongtipar terputus, tidak bisa di lewati kendaraan maupun pejalan kaki,"Ungkap Samsudin kepada wartawan Selasa (02/07/24).

Samsudin mengatakan, longsor tebing selain memutus akses jalan desa juga merusak hektaran lahan pertanian warga dan lahan perkebunan hingga kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian longsor tersebut,  namun ada satu rumah milik warga terancam."Tuturnya.

Upaya yang dilakukan, sambung Samsudin, saya melakukan koordinasi dengan pemerintah desa, Relawan Mantab dan warga sekitar. Sampai saat ini belum ada penanganan karena tanah masih labil.

"Himbauan kami kepada warga agar tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi cuaca  pada saat hujan. Jika ada kejadian, segera melapor baik ke pemerintah setempat atau ke pihak desa,"Pungkasnya. (De).

BACA JUGA BERITA LAINNYA