Breaking News

Optimalkan Layanan Kepada Masyarakat, KUA Kecamatan Cikembar Jalankan Berbagai Program





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cikembar, terus berinovasi dengan meluncurkan berbagai program layanan kepada masyarakat.

Selama ini masyarakat hanya mengetahui dan memahami bahwa KUA itu  hanya sebatas layanan pendaftaran pernikahan, padahal itu adalah salah satu bagian dari tugas layanan.

Kepala KUA Kecamatan Cikembar, H. Nandang Supriatna saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, bahwa layanan di KUA itu bukan hanya sebatas pendaftaran pernikahan saja.

"Disamping program layanan NR (Nikah dan Rujuk) kami KUA Cikembar juga melayani diantaranya tentang penerbitan akta ikrar wakaf, dan kami selaku kepala KUA sudah ditunjuk oleh Negara sebagai Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW)."Kata H Nandang Senin (22/07/24).

Disamping  itu, lanjut kata Nandang, layanan lainnya diantaranya kaitan layanan Kalibrasi arah kiblat. Jadi, bagi masyarakat yang memerlukan tentang kalibrasi arah kiblat umpamanya buat di rumah rumah kami juga siap membantu untuk itu.

"Kemudian juga ada layanan pendampingan produk halal. Jadi bagi masyarakat Kecamatan Cikembar yang bergerak di bidang usaha, kalaupun memang jenis usahanya ingin di terbitkan sertifikasi halalnya, insya Allah kami akan bantu juga sesuai dengan syarat dan  ketentuan tertentu."Paparnya.

Ia menjelaskan, disamping program keagamaan secara umum, kami KUA pada prinsipnya adalah koordinator keagamaan tingkat kecamatan.

Disamping beberapa layanan program tadi, kami juga memberikan konsultasi keluarga ketika ada masyarakat yang perlu konsul kaitan masalah rumah tangga.

"Selanjutnya program yang memang secara kontinyu  yaitu kami melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) setiap seminggu sekali setiap hari Rabu bagi calon pengantin yang sudah di daftarkan di Kantor Urusan Agama (KUA)."Bebernya.

Nandang mengungkapkan, ke depan juga kami akan bersinergi koordinasi bersama lembaga pendidikan setingkat SMA atau kalau batas usia 14 sampai 18 tahun. Kami akan mengadakan kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS), jadi sasarannya para siswa siswi yang masih sekolah.

Kami mengadakan kegiatan bimbingan baik sosialisasi tentang pernikahan dini dan sebagainya. Dalam waktu dekat, kami pun akan berkoordinasi kepada lembaga keagamaan tingkat kecamatan Cikembar.

"Sebab ada beberapa program keagamaan yang perlu kami koordinasikan, perlu kami bangun sinergitas agar ada kesamaan visi- misi dan juga program tersebut tidak saling tumpang tindih dan lain sebagainya."Jelasnya.

Terkait pernikahan, lanjut kata dia, kami sangat mengharapkan kepada masyarakat, jadi kalau memang bisa untuk pelaksanaannya itu dilaksanakan di kantor KUA tempatnya.

Insya Allah kami juga ketika masyarakat yang ingin melaksanakan nikah di kantor KUA, prosesi acaranya sepanjang ada permohonan dari warga atau calon mempelai yang akan nikah di kantor, kami akan berupaya secara maksimal di buatkan prosesi acara sebagai layaknya pernikahan di luar kantor.

"Jadi, dari mulai datang, serah terima,  kemudian prosesi acara sungkem, bersalaman, sampai ke photo wedding calon mempelai dan keluarga masing -masing dan insya Allah akan kami siapkan itu bersama rekan saya di kantor berupaya semaksimal mungkin."Pungkasnya.  (De).

BACA JUGA BERITA LAINNYA