Breaking News

*Pantau Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini, Satgas Yonif 310/KK Gelar Posyandu Di Perbatasan*



KEEROM, beritaekspos.com ~  
Dalam rangka memantau perkembangan dan pertumbuhan anak usia balita sejak dini guna membantu menghindari dari berbagai penyakit, Pos Ubrub Satgas Yonif 310/KK bersama Puskesmas Web berikan layanan kesehatan dengan menggelar Posyandu di Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (27/7/2024).


Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kegiatan Posyandu ini rutin dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara mengawasi, mengecek perkembangan atau pertumbuhan anak usia balita sejak dini guna membantu menghindari penyakit seperti campak, polio dan hepatitis serta menurunkan tingkat angka kematian pada bayi.

"Personil Satgas bersama Tenaga Kesehatan Puskesmas melakukan pengukuran berat dan tinggi badan, menyiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi ibu-ibu yang menyusui serta pemberian vitamin A dan imunisasi pada balita," terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan balita dan anak yaitu dengan posyandu. Fungsi utama Posyandu terletak pada deteksi awal penyakit pada balita. Posyandu wajib melakukan pemantauan tumbuh kembang bayi 0-24 bulan supaya abnormalitas tumbuh kembang bayi dapat terdeteksi dengan dini. Deteksi awal abnormalitas sejak dini dapat menurunkan resiko penyakit yang lebih serius.

Sementara itu, Danpos (Komandan Pos) Ubrub, Kapten Inf Dicky Dian Saputra, S.T.Han., menambahkan pelaksanaan Posyandu kali ini bertempat di Balai Kampung Umuaf. Sebanyak 30 anak dan balita serta 8 ibu hamil telah diperiksa perkembangan dan kondisi kesehatannya.

Disisi lain, dr. Dewi Lestari (32) selaku Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Web berikan aprsesiasi dan ucapan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK.

"Puskesmas kami kekurang Nakes, saya merasa terbantu dengan kehadiran Bapak-bapak TNI. Kedepan, kita akan terus berikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat di perbatasan," tutur dr. Dewi.


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

BACA JUGA BERITA LAINNYA