Breaking News

PJ Walikota Sukabumi Kusmana Hartadji: Tugas Linmas Menjelang Pilkada Kawal Kotak Suara Sampai PPK Kecamatan




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Pemerintah Kota Sukabumi di Kelurahan Cikole menggelar Kesiapan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada kegiatan Pilkada serentak tahun 2024 dan Siaga linmas dalam mitigasi bencana, di Aula Kelurahan Cikole Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Rabu 17 Juli 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh 55 orang anggota Linmas se-Kelurahan Cikole ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. Hadir dalam momen itu Camat Cikole, Lurah Cikole, serta Para Narasumber.

Pj wali kota Sukabumi Kusamana Hartadji mengatakan, berdasarkan Permendagri No. 26 Tahun 2020, Linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan untuk melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan Oleh bencana ataupun gangguan lainnya. Upaya ini juga mencakup tugas untuk membantu pemeliharaan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Tentunya Hal ini anggota Linmas juga diwajibkan menjaga ketertiban calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dan setelah menggunakan hak pilihnya. Serta menjaga keamanan distribusi pengembalian gandeng Kotak suara ke PPK kecamatan tersebut.

Menurut nya, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan anggota Satlinmas, untuk mewujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan damai. Menjelang Pilkada ada beberapa Linmas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) antara lain, Bertanggung jawab terhadap keamanan Lokasi TPS, Petugas KPPS, Logistik Pemilu yang meliputi Kotak Suara, Kartu suara, dan berbagai macam alat peraga lainya supaya lancar.

"Selanjutnya memeriksa Pemilih yang akan masuk ke lokasi TPS yang meliputi, apakah sudah ada tanda tinta di jari tangan, apakah membawa atribut partai atau paslon, apakah sudah membawa KTP," Katanya.

Petugas Keamanan TPS/Linmas dalam hal ketugasanya akan di tempatkan di pintu masuk TPS dan pintu keluar TPS, untuk itu setiap TPS ada petugas keamanan yang berjumlah 2 personel,"tegas Kusmana Hartadji.

Ingat Satlinmas bukanlah entitas militer, melainkan satuan tugas yang berasal dari anggota masyarakat setempat yang dibentuk oleh Lurah," tandasnya.

NL

BACA JUGA BERITA LAINNYA