Breaking News

Mahasiswa Nusa Putra, Ciptakan Karya Seni Pembuatan Tempat TPS Untuk Warga Kampung Cileutik





SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM -  Mahasiswa Universitas Nusa Putra program kuliah kerja nyata (KKN),  memberikan hibah bak sampah kepada Warga kampung Cileutik. Tentunya agar  masyarkat  merasa terbantu dengan adanya  pembungaan tempat sampah di  Desa pasir Datar Indah.

Sekdes Pasir Datar Indah Mamat Sugandi mengatakan, pertama -tama saya ucapkan terimakasih, kepada  mahasiswa universitas Nusa Putra gagasan yang sangat luar biasa, bisa  menciptakan sebuah karya seni. Sebelumnya belum pernah ada sebelumnya kegiatan  seperti ini di Lapangan Kampung Cileutik, Senin 26 Agustus 2024.


"Kami selaku Sekdes  mengapresiasi  para mahasiswa bisa kreatif semacam ini untuk membuat tempat pembuangan sampah, dan alhamdulilah setelah ada mahasiswa ke sini jadi dengan gagasan mereka jadi di biarkanlah TPS (tempat pembuangan sampah) khusus untuk sampah An organik yang bisa di bakar.

Namun, menurut Mamat nanti ke depannya masyarakat di harapkan untuk membuang sampah itu di pisah antara sampah organik dan sampah An organik, adapun sampah An organik yang nantinya dibuangnya yang telah di persiapkan tempat nya di sini.

"Dan mudah -mudahan warga masyarakat kampung  Cileutik ke depannya lebih sadar untuk membuang sampah tidak sembarangan, kalau sebelumnya membuang sampah itu di pinggiran sungai. mudah -mudahan ke depannya dengan adanya tempat ini dapat membuang sampah di tempat yang sudah di sediakan.

 saya sangat apresiasi sekali  karena sebelumnya tidak ada yang seperti ini sangat luar biasa sekali mudah -mudahan ke depannya mahasiswa Nusa Putra itu lebih baik lagi ,lebih ber inovatif lagi untuk kemajuan Desa maupun bangsa Indonesia," Sekdes  Pasir Datar Indah Mamat Sugandi.

Pada kesempatan lain,  Ketua KKN Universitas Nusa Sukabumi Putra Arya Rambu Rambani mengungkapkan, kami  berharap dari Dinas Lingkungan Hidup mobil bak sampah supaya  bisa penjemputan ke sini, karena sudah tersedia pembuangan TPS.

"Kami para mahasiswa memang dari awal  sudah terorganisir dengan kuliah kerja nyata (KKN), tempat pembuangan sampah kebetulan  ada progam seperti ini. Warga  kampung  Cileutik sebelumnya  membuang sampah ke sungai. karena memang di khawatirkan terjadi penyumbatan dan longsor seperti itu,"kata Arya.

Dijelaskanya menurut Arya, kampus  kami sendiri khususnya sistem informasi mempunyai kontrak 5 tahun untuk KKN (Kuliah Kerja Nyata), otomatis adik-adik di tingkat nanti akan berkelanjutan mengembangkan hasil dari yang sudah di buat oleh kakak -kakak tingkat sebelumnya.

"Tentunya kami selaku mahasiswa Nusa Putra kembali lagi ke kelompoknya masing-masing  apakah itu akan menciptakan atau membuat TPS itu kembali lagi ke orang -orangnya nantinya untuk berkelanjutan.

Kembali kata Arya, sebelum kami KKN di sini kami survey dulu ke RT RW terkait permasalahan yang ada di kampung sini, yang kami dapat dari hasil survey tersebut yaitu banyaknya sampah yang berserakan makanya kami mempunyai ide program yaitu membuat  pembuangan tempat sampah untuk pengelolaan sampah Warga dikampung Cileutik.

Makanya dari itu kami buatkan TPS (tempat pembuangan sampah ) khususnya di kampung Ciletik Desa Pasir Datar Indah.

Karena memang kita sebagai mahasiswa ingin menyadarkan warga di sini agar lebih ingat lagi membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah pada hal -hal yang tidak baik, soalnya kan namanya juga desa Pasir Datar Indah,"cetunya Arya masa dengan adanya indah tapi lingkungan tidak baik makanya kami buatkan TPS ini.

Reporter:
Ronald Alexsander

BACA JUGA BERITA LAINNYA