Breaking News

Pemerintah Desa Binakarya Gelar Musdes Review RPJM Desa dan RKP Desa 2025, Menuju Desa Binakarya Terang




GARUT, beritaekspos.com - 
Pemerintah Desa Binakarya gelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam pembahasan; penetapan, pengesahan, dan pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) periode 2021-2029, serta penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2025.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Binakarya, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut pada hari Jum'at (09/08/2024), yang dihadiri langsung oleh unsur Forkopimcam Kecamatan Banyuresmi, Kepala Desa Binakarya, Babinsa, LKD, serta pendamping Profesional Desa.

Menurut Camat Banyuresmi Drs. Heri Hermawan mengatakan, pelaksanaan musyawarah Desa Binakarya (Musdes) dalam penyusunan RKP Desa 2025, maupun RPJM Desa 2021-2029 merupakan implementasi dan kewajiban Pemerintah Desa untuk merencanakan, dan melaksanakan berbagai program Pemerintah Desa yang telah menjadi keputusan bersama dalam perencanaan, ungkapnya 

"Adapun dengan adanya Review RPJM Desa RPJM Desa 2021-2029 kaitan dengan adanya penambahan masa jabatan Kepala Desa, sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa," ujarnya. 

Sesuai Pasal 39 yang mengatur mengenai masa jabatan Kepala Desa diubah, Kepala Desa memegang jabatan selama 8 (delapan) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan, sehingga masyarakat dapat mengusulkan kembali program yang belum selesai, imbuhnya.

Dengan adanya Musdes ini Pemerintah Desa Binakarya, diharapkan bisa merepresentasikan daripada epektsai harapan masyarakat yang menjadi kebutuhan prioritas baik program infrastruktur maupun hal-hal lain yang di harapkan masyarakat, tandasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin mengatakan, kita sebagai Pemerintah Desa Binakarya, tentunya sesuai peraturan dan ketentuan untuk memfasilitasi dalam menyerap usulan masyarakat yang akan dilaksanakan dalam setiap tahun, selama delapan tahun sesuai RPJMDes, ungkapnya.

Alhamdulillah dengan telah dilaksanakan Musdes ini, akan menjadi acuan daripada pelaksanaan pembangunan di tahun 2025, untuk menyelesaikan beberapa titik pembangunan, yang masih belum selesai sesuai harapan dalam RPJM Desa, imbuhnya

"Sementara Pemerintah Desa Binakarya di Tahun 2025, akan mewujudkan Desa Binakarya terang dengan memasang listrik tenaga surya, di tiap-tiap Rw khususnya di jalan-jalan yang sulit dijangkau oleh kabel PLN,  dan tempat-tempat yang rawan sesuai usulan para ketua Rw se Desa Binakarya, ujarnya.

Dalam kesempatan ini Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Camat Banyuresmi Bapak Drs. Heri Hermawan, Kapolsek Banyuresmi Bapak AKP. Usep Heryaman, S.IP., S.P.d.I., dan Danramil 1110/Banyuresmi yang diwakili oleh Babinsa Sertu Hendi, Ketua BPD Saepul Rohman, S.P.di, Para Ketua Rw, PLD Desa Binakarya serta peserta musyawarah. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA