Breaking News

Serma Angga, Saka Wira Kartika Merupakan Pembentukan Bangsa Dan Patriot





SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Dalam rangka sosialisasi Pamong Saka Wira Kartika serma Angga Eka Saputra  bersama anggota sakawira kartika Koramil 0607-04/Kota Sukabumi utara, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi di Sekolah-sekolah yang ada di wilayah kecamatan cikole, kamis 15 Agustus 2024.

Tujuannya sosialisasi dibuktikan Serma Angga Eka Saputra, agar seluruh  sekolah kelas 10 yang masuk ektrakulikuler Pramuka bisa ikut bergabung dengan saka wira kartika.


Kembali  kata  Serma Angga, tentunya masih banyak sekolah SMA/SMK lain yang belum ikut bergabung dengan Saka Wira Kartika, Namun kegiatan ini dilaksanakan karena sudah Rutin setiap tahunnya ada perekrutan anggota baru.

Manfaat masuk Saka Wira Kartika 
menjalin silaturahmi antar sekolah 
menambah wawasan, pengetahuan, kepramukaan yang luas tidak dipungut biaya bisa mengajarkan temannya yang ada disekolahnya masing-masing tentang kepramukaan,"ungkap Angga.

Menurut Serma Angga, Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. 

Lanjut masih kata prajurit TNI Itu, tentunya ini merupakan pembentuk Patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan  yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Dalam Sosialisasi Saka wira Kartika tersebut Serma Angga menyampaikan, tujuan mengikuti saka wira kartika adalah sebagai pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan, dan perdamaian serta menumbuhkan rasa kebangsaan, berjiwa Pancasila dan ber-bhineka Tunggal Ika. 

"Kegiatan anggota saka wira kartika akan dibekali dengan 5 materi Krida antara lain, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang merupakan program pelatihan dari Saka Wira Kartika.

Syarat untuk masuk Sakawira Kartika 
Mendapat izin Orang tua dan pembina gugus depan. Sehat jasmani dan rohani.
Aktif sebagai anggota di gugusdepan.
Taat peraturan, Disiplin. Tidak sedang bergabung dengan Satuan Karya lain,"tandas Serma Angga.

(Ronal) 

BACA JUGA BERITA LAINNYA