Breaking News

*Siap Kibarkan Merah Putih di Perbatasan, Satgas Yonif 310/KK Latih Paskibraka Jelang HUT RI Ke-79*



KEEROM, beritaekspos.com ~ 
Dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pos Senggi Satgas Yonif 310/KK latih para pelajar dari SMKN 2 Keerom sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (12/8/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, adalah momen penting bagi setiap warga negara. Sebagai simbol persatuan dan kebanggaan, upacara peringatan kemerdekaan ini diadakan di seluruh penjuru negeri.

"Saya perintahkan kepada semua pos-pos jajaran Satgas Yonif 310/KK agar melatih dan membina para pemuda dan pemudi untuk dilatihkan PBB, sehingga nanti pada tanggal 17 Agustus mereka dapat dengan mudah untuk bertugas sebagai pasukan Paskibraka," terang Dansatgas.

Lanjut diungkapkan, ini kali pertama pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh paskibraka dari kalangan pelajar setelah sekian lama vakum, beberapa tahun kebelakang pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan selalu dilakukan oleh instansi militer yang berada di Distrik Senggi.

Dalam pelaksanaannya, Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Letda Inf As'ari selaku kordinator pelatih turun langsung mulai dari tahap merekrut, seleksi, hingga melatih anak-anak paskibraka. Dirinya menambahkan bahwa sebanyak 13 pemuda yang terpilih untuk melakukan latihan terpusat dalam paskibraka tersebut.

Dijelaskan, pemusatan latihan paskibraka telah dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus 2024. Banyak kendala yang dihadapi terutama para pelajar di wilayah Distrik Senggi sangat minim pengetahuan tentang PBB (Peraturan Baris Berbaris). 

Pelatihan paskibraka saat ini sudah memasuki tahap pemantapan, pasukan pengibar bendera sudah fokus pada formasi gerakan yang akan digunakan.

"Waktu latihan memang sangat terbatas, tetapi dengan semangat anak-anak yang begitu tinggi, kami yakin dapat melakukan yang terbaik," tambah Letnan As'ari.

Disisi lain, Daud Yunam (52) selaku Kepala Distrik Senggi mengucapkan terima kasihnya serta berikan apresiasi kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang sudah melatih para pelajar di wilyahnya untuk menjadi Paskibraka di tahun 2024 ini.

"Saya akan mendukung penuh pelatihan Paskibraka ini. Hari Kemerdekaan semakin dekat, kami berharap nantinya pengibaran bendera merah putih dapat berjalan dengan aman dan lancar," tutur Daud Yunam.


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

BACA JUGA BERITA LAINNYA