Breaking News

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Sebabkan Sejumlah Rumah Rusak Dan Pohon Tumbang di Warungkiara Sukabumi






SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - 
Hujan lebat  Disertai angin kencang yang melanda wilayah Sukabumi, menyebabkan sejumlah rumah rusak dan banyak pohon tumbang di Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan informasi dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Warungkiara, Yudi menyampaikan, waktu Kejadian pada Minggu 29 September 2024 sekira pukul 15.00 wib, saat hujan lebat disertai angin kencang.

"Akibatnya banyak pohon tumbang  menutup akses jalan kabupaten dan jalan desa serta sebagian menimpa rumah penduduk,"ungkap Yudi Minggu (29/09/24).

Yudi menjelaskan, dampak kerusakan 3 unit rumah di Kampung Warungkiara Rt. 01/01  Desa Warungkiara, 1. Unit rusak berat 2 unit Rusak Ringan, 
 
Kemudian di Kampung Simpenan RT 02/07 pohon tumbang menimpa saluran listrik tegangan tinggi dan perumahan karyawan PTPN cibungur (sudah ditangani).

Pohon tumbang di Kampung Simpenan RT 01/01 Desa Sukaharja, menimpa 1. Unit rumah dan 1 unit gazebo rusak sedang (sudah ditangani)."tuturnya.

Lanjut kata Yudi, 1 unit rumah di Kampung Pangan rusak sedang tersapu angin kencang, Pohon tumbang di Kampung Halimun Desa Warungkiara, 4 titik pohon tumbang menutup jalan kabupaten dan sudah ditangani kendaraan sudah bisa lewat kembali.

Selanjutnya, 1 titik pohon tumbang yang sangat membahayakan pengguna jalan  di jalur jalan Cigombong Bojong Malang (sudah ditangani). Angin kencang di Kampung Ciawitali Desa Damarraja, mengakibatkan 6 unit Rumah Rusak berat 23 unit rumah rusak ringan.
 
Pohon tumbang menutup akses jalan penghubung antar Desa Damarraja dan Warungkiara, ada 4 titik (sudah ditangani), 1 unit rumah rusak sedang di Kampung Ciseureh RT. 01/03 desa Sirnajaya Tersapu angin kencang."paparnya. 

Dalam kejadian tersebut, sambung Yudi, Tidak ada korban luka maupun jiwa. Untuk  kerugian pihaknya dan pemerintah setempat masih terus melakukan pendataan.

Upaya yang kami lakukan, Assessment ke lokasi kejadian koordinasi bersama pemerintah Desa sirnajaya, Warungkiara, Sukaharja dan Damarraja.

"Atas kejadian ini, kami himbau kepada warga masyarakat agar tetap waspada dan hati-hati saat hujan. Untuk warga yang tinggal di dekat lokasi rawan bencana harus meningkatkan kewaspadaan dan apabila ada kejadian segera melapor kepada petugas atau pemerintah setempat,"Pungkasnya. (De)

BACA JUGA BERITA LAINNYA