Breaking News

Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana : BLT Dana Desa Tahap Tiga, untuk Menunjang Kehidupan dan Modal Pelaku Usaha




GARUT," BERITAEKSPOS.COM - Pemerintah Desa Karyasari selesai menyalurkan dana bantuan langsung tunai tahap tiga, bersumber dari Dana Desa Pemerintah Pusat, tahun anggaran 2024 terhadap 40 KPM, bertempat di Aula Kantor Desa Karyasari, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Kamis, 19 September 2024.

Turut hadir dalam pelaksanaan penyaluran dana bantuan langsung tunai tahap tiga tahun anggaran 2024, antara lain Camat Banyuresmi Drs. Heri Hermawan, besarta jajarannya, Bhabinkamtibmas Bripka Riki Karyadi, Babinsa Serma Miftah, dan Pendamping Profesional Saripatun Nisa.

Dalam kesempatan tersebut 
Camat Banyuresmi Drs. Heri Hermawan mengatakan, penyaluran dana bantuan langsung tunai untuk tingkat Kecamatan Banyuresmi dari 15 Desa, baru 7 Desa yang telah menyalurkan BLT Dana Desa yang dilaksanakan secara bertahap, ucapnya.

Untuk Desa Karyasari sendiri sistem penyalurannya sebagaian di kantor Desa, dan juga dilaksanakan dengan cara door to door terhadap masyarakat sekaligus untuk bersilaturahmi dengan masyarakat penerima, tuturnya.

"Diharapkan dengan adanya bantuan dana BLT DD ini, dapat dimanfaatkan terhadap hal-hal yang sifatnya bukan konsumtif, tapi lebih bersifat produktif dan lebih kepada menunjang pemenuhan kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.


Ditempat yang sama Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana menjelaskan, program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa adalah merupakan program prioritas nasional sebagaimana tertuang dalam Permendesa Nomor 7 Tahun 2023 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2024 dan Permendesa Nomor 13 Tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional Atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024, ungkapnya.

Adapun jumlah penerima bantuan tersebut sesuai hasil musyawarah Desa khusus (Musdesus) Pemerintah Desa Karyasari telah menetapkan 40 KK, meliputi 11 Rw, dari 35 Rt. Adapun warga penerima bantuan langsung tunai lebih difokuskan terhadap warga yang kehilangan mata pencaharian, anggota keluarga rentan sakit menahun, sakit kronis.

Selain itu bagi penyandang disabilitas, warga yang tidak menerima bantuan sosial apapun, dan rumah tangga dengan anggota keluarga tunggal lanjut usia, imbuhnya.

Dalam penyaluran tahap tiga ini, setiap keluarga penerima manfaat, mendapatkan Rp.900.000 selama tiga bulan, untuk Bulan Juli, Bulan Agustus, dan Bulan September 2024.

Lanjut Kepala Desa Karyasari berharap dengan adanya bantuan BLT DD ini, Saya selaku penanggung jawab ditingkat Desa Karyasari bantuan tersebut, semoga para penerima bantuan itu betul-betul bisa memanfaatkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan penambahan modal bagi pelaku usaha mikro kecil yang telah kehilangan mata pencaharian. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA