Breaking News

Ketua K3S Kecamatan Cibereum Miftahudin Nyebut " Budaya Daerah Tidak Hilang Di Telan Waktu Dan Jaman




SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - 
Menurut penanggung jawab FTBI sekaligus ketua K3S Kecamatan Cibereum Miftahudin Alhamdulillah pada hari ini Hari Selasa 10 September 2024, Kecamatan Cibeureum melaksanakan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu(FTBI) yang digelar oleh Balai Bahasa bertujuan untuk bagaimana memelihara budaya -budaya daerah,selasa (10/9/2024).

Lanjut dia bagaimana memelihara budaya Sunda, atau bahasa Sunda yang saat ini hampir punah dalam kerangka sehari-hari  maka pihak UNESCO di lembaga PBB(Persatuan  Bangsa -Bangsa) sangat konsen memperhatikan agar budaya-budaya Daerah di Dunia tidak hilang di telan waktu dan Jaman," ungkapnya.

Maka konteks kali ini di skala Nasional  balai bahasa menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu ( FTBI) untuk Daerah Pasundan Jawa Barat, Festival Bahasa Ibunya ada 7 mata lomba ,yang dilaksanakan untuk jenjang SD, SMP SMA.

Yang dilombakan di FTBI hari ini di antaranya ada Pupuh,  Borangan, lomba ngaran carpon (Carita pondok), ngadongeng sasakala biasanya, aksara Sunda, maca sajak, biantara atau pidato. diikuti oleh masing -masing sekolah setiap mata lomba 2 orang satu putra satu putri.

Lebih lanjut dia mengatakan Di Kecamatan Cibeureum ada 16 sekolah jadi masing -masing sekolah mengirimkan 14 orang putra putri terbaiknya. Sehingga terkumpul semua peserta seluruhnya ada 224 peserta, jadi oleh dewan juri dipilih pinunjul juara 1 dan 2 yang akan di bawa ke tingkat Kota yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 September ini di SMPN 6 kota Sukabumi.

Adapun untuk pelaksanaan tingkat Provinsi menurut Miftah, insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 3-6 Desember di Garut, tahun kemarin dilaksanakan  tingkat Provinsi di Kabupaten Bandung yaitu di Soreang,  dari Sukabumi pun ada 2 yang masuk ke tingkat Nasional FTBI di Jakarta.

Saya berharap Untuk tahun 2024 ini kecamatan Cibeureum memiliki target minimal 4 mata lomba  lolos ke tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, jadi untuk tingkat provinsi Kota Sukabumi kemarin SD itu meraih 2 emas juara 1. Di tambah juara 2 dan juara 3, lainnya dan merupakan sebuah kebanggaan dimana Kota Sukabumi bisa lolos di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Kegiatan FTBI hari ini tentunya  berkat kerja keras para guru pendamping dengan tekun  ikhlas membimbing putra -putrinya, juga tidak lupa oleh para guru ahli yang sudah bersertifikat yang sudah di gembleng di Bina oleh Balai Bahasa  Provinsi Jawa Barat, dari guru -guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jenjang SMP, SMA  SMK, dan ditambah Kelompok Kerja Guru (KKG) bahasa Sunda di tingkat SD (sekolah dasar).

Mereka semua nya  sudah bersertifikat dan  menjadi dewan juri di ranah sekolah mereka juga sebagai panitia -panitia pelaksana karena mereka yang ahli di bidangnya.
mudah -mudahan FTBI hari ini  berlangsung dan menghasilkan para juara-juara yang siap berkompetisi di tingkat Kota," tuturnya.

Di tempat yang sama Ketua panitia FTBI tingkat Kecamatan Cibereum Neng Yuliana menambahkan,Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kecamatan Cibeureum tahun 2024, tentunya merupakan ajang Festival Tunas Bahasa Ibu yang memilih wakil -wakil pinunjul yakni juara. Dari tiap sekolah, untuk nantinya akan dijadikan wakil  Kecamatan Cibeureum ke tingkat Kota.

Adapun yang mengikuti FTBI hari ini menurut nya ada 16 Sekolah Dasar (SD) Negeri, Dengan jumlah pesertanya lomba FTBI sebanyak 224 peserta, dan  untuk kegiatannya ada 7 mata lomba kegiatan," ucapnya.

"Diantaranya itu ada lomba Pupuh puisi  dalam bahasa Sunda, lomba ngabodor sorangan,  biantara, pidato, lomba maca nulis aksara Sunda, Carita pondok (Carpon)sareng Sajak.

Neng Yuliana juga memberikan Pesan untuk semua peserta kegiatan ini  mudah -mudahan kegiatan  bisa meningkatkan kreativitas mereka dalam hal bidang kesundaan, dan juga bisa memberikan mereka motivasi untuk lebih mencintai bahasa Daerahnya sendiri, semua hal yang berbau kesundaan," katanya.

Untuk tahun kemarin khusus nya Kecamatan Cibereum target ke tingkat Kota itu berharap di 7 ma


(Ois) 
BACA JUGA BERITA LAINNYA