Breaking News

Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana, Edukasi Konsep Dasar Stunting dan 1000 HPK




GARUT," BERITAEKSPOS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 3 bersama Tim Dosen Universitas Bhakti Kencana sukses mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah KKN Desa Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa 03 September 2024.


Kegiatan ini mengangkat tema GENTING (Gerakan Pencegahan Stunting) Melalui Edukasi Dalam Upaya Mempersiapkan Generasi yang Sehat dan Kuat di Kelurahan Sukajaya yang diikuti oleh 26 orang. 

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana KKN Pengabdian Masyarakat Yanti menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program kerja KKN dalam aksi untuk kesehatan negeri, ungkapnya 

Menurutnya, tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi yang komprehensif kepada masyarakat tentang konsep dasar stunting dan 1000 hari pertama kelahiran, tuturnya.

Selain itu Ketua pelaksana juga menyampaikan, ucapan terimakasih atas antusias masyarakat di Rw.13, Rw.14 dan Rw.17 di Kelurahan Sukajaya.

"Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan berguna untuk memberikan edukasi stunting dan 100 HPK supaya masyarakat memiliki motivasi tentang bagaimana pencegahan dan pengelolaan stunting," ujarnya 

Sebagai narasumber, Dosen Universitas Bhakti Kencana Mamay Sugiharti.S.Kp.,M.Kes, memaparkan secara detail mengenai pengertian stunting, penyebab stunting, dampak stunting, dan pencegahan stunting.

Lanjut Mamay Sugiharti menekankan, pentingnya pencegahan dan penatalaksanaan stunting bagi masyarakat terutama para orangtua dalam upaya pencegahan stunting untuk mempersiapkan generasi yang sehat dan kuat, ungkapnya.

“Seribu hari pertama kehidupan (selanjutnya disingkat 1000 HPK) merupakan masa awal proses kehidupan manusia yang dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi, hingga usia dua tahun,” ujar Mamay Sugiharti.

Alhamdulillah, antusiasme Masyarakat sangat terlihat selama kegiatan berlangsung, sesi tanya jawab menjadi momen yang dinantikan, di mana Masyarakat aktif bertanya tentang stunting, dan sebagai apresiasi, panitia memberikan doorprize kepada peserta yang beruntung.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan pengetahuan Masyarakat tentang stunting semakin meningkat, sehingga dapat mempersiapkan generasi yang sehat dan kuat. Pungkasnya.

Jurnalis : (Beni)

BACA JUGA BERITA LAINNYA