Breaking News

Milangkala ke-3 Sanggar Cengkok Wijayakusuma di Meriahkan Dengan Menampilkan Berbagai Seni Budaya Sunda






SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - 
Bertempat di Jalan Cagak Cirendeu, Kampung Bojong Kawung, Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Sanggar Seni Cengkok Wijayakusuma gelar Milangkala ke-3. Minggu (29/09/24).

Acara yang mengusung tema,"Perkokoh jati diri bangsa melalui pendidikan dan kebudayaan" dihadiri puluhan padepokan seni budaya sunda, Ormas, OKP,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi dan Kepala Bidang Disbudpora Kabupaten Sukabumi. 

Kegiatan milangkala Ke-3  Sanggar Seni Cengkok Wijayakusuma dimeriahkan dengan berbagai penampilan pekan kreasi seni budaya sunda.

Seni budaya yang ditampilkan  diantaranya, Pencak Silat, Jaipongan, Tari Topeng, Debus, Gending Sunda Ki Lengser, Bola Api, Lesung Ngamuk, Sunda Etnis, Karinding dan Teater Budaya Sayang Iwung.

Ketua penyelenggara, Ai Mintarsih menyampaikan Syukur alhamdulillah, kita bersama 85 komunitas Sunda se-Kabupaten Sukabumi bisa bersilaturahmi dalam rangka milangkala ke-3 Sanggar Cengkok Wijayakusuma.

"Dalam momen ini pastinya menjadi pengingat bagi kami untuk terus mandiri dan semangat dalam melestarikan seni budaya sunda, salah satunya melalui pelaksanaan pekan kreasi budaya, bakti sosial dan Tablig akbar,"kata Ai kepada Wartawan Minggu (29/09/24).

Ia berharap, semua kalangan pemerintah melirik kepada setiap kegiatan sanggar, padepokan seni budaya sebagai unit pengembangan kesenian daerah yang ada di wilayah kabupaten Sukabumi.

"Dengan kegiatan ini tentunya bisa menjaga dan melestarikan seni budaya Sunda sebagai warisan bangsa,"Cetus Ai.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Asep Saepudin mengatakan, saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga sekali melihat antusiasme generasi penerus bangsa dalam pelestarian kebudayaan diantaranya kegiatan pekan kreasi budaya yang ada di kecamatan nagrak.

"Mudah-mudahan pelestarian seni budaya sunda khususnya di sukabumi akan semakin berkembang, apalagi pada kondisi saat ini tampak semakin berkurangnya antusiasme generasi bangsa atas seni budaya sunda,"Ungkapnya. 

Lanjut kata Asep, Pemerintah akan mendukung setiap kegiatan pengembangan seni budaya sunda yang dibantu dengan adanya wadah sanggar Cengkok Wijayakusuma.

Semoga seni budaya sunda yang ada di wilayah kecamatan Nagrak, umumnya kabupaten Sukabumi akan tetap bertahan apalagi tantangan di era globalisasi saat ini yang dikhawatirkan akan menggerus kearifan lokal warisan para leluhur kita. 

"Sekarang pemerintah kabupaten Sukabumi  mengharapkan kerjasama yang lebih baik lagi guna pengembangan sanggar kebudayaan seperti dikawasan geopark Ciletuh Palabuhanratu,"Pungkasnya. (De)

BACA JUGA BERITA LAINNYA