Breaking News

Pencak Silat, Melestarikan Khas Warisan Budaya Kabupaten Sukabumi





SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - 
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman mewakili Bupati membuka acara Festival Pencak Silat Bupati Cup ke 2 yang diselenggarakan di Venue Tinju GOR Palabuhanratu, Jumat 06 September 2024.

Festival pencak silat yang akan diselenggarakan selama 3 hari ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-154 yang diikuti oleh 500 peserta dari 38 Paguron  yang bertujuan sebagai ajang pelestarian budaya olahraga pencak silat di Sukabumi. 


 Sekretaris H. Ade Suryaman mengatakan pencak silat ini sebagai ajang pencarian bakat dan silaturahmi dalam peningkatan pelestarian pencak silat di Sukabumi, peserta lebih dari 500 orang yang berasal dari paguron-paguron Kabupaten Sukabumi maupun dari luar.  seperti Kota Sukabumi, Banten, Cianjur, Bogor, dan Garur, Jumat 06 September 2024.


"Melihat perkembangan kemajuan pencak silat di Sukabumi Ketua 3 IPSI Jabar Abah Helmi Menyampaikan apresiasi atas kemajuan pelestarian pencak silat di Kabupaten Sukabumi. 

"Potensi pencaksilat sangat luar biasa yang kini menjadi buah bibir nasional.

Sementara Itu kata Ade Suryaman, tahun ini merupakan ke-dua kalinya festival pencak silat bupati CUP ini dilaksanakan, kegiatan tahunan diharapkan dapat membangkitkan dan melestarikan pencak silat  di Kabupaten Sukabumi. 

"jika bukan kita yang menjaga budaya ini, lalu siapa lagi.  Jangan tunggu pencak silat pudar dari masyarakat ataupun dicuri oleh bangsa lain,"ungkap dia.

Kami dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik penyelenggaraan ini dan sangat serius mendukung pelestarian warisan khas kebudayaan seni beladiri pencak silat. 


mari kita bersinergi mengharumkan nama pencak silat,  Kabupaten Sukabum dan Nasional menuju  kancah Dunia di pentas ,"terangnya

Oleh karenanya, Menurut Sekda Ade berharap melalui momentum ini dapat merangsang para pendekar dan praktisi pencak silat untuk lebih  melestarikan pencak silat di kalangan masyarakat. 

"Dalam hal ini yang penting dalam kejuaraan adalah semangat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Bangsa. menang atau kalah bukanlah suatu tujuan utama, melainkan untuk saling mengenal dan memperkaya khasanah  pencak silat, serta membina dan melatih jiwa sportivitas.


Reporter:
Ronald Alexsander

BACA JUGA BERITA LAINNYA