Breaking News

Pj Kusmana, Pemerintah Dan RT RW Berperan Penting Pengelolaan Data Kependudukan Untuk Masyarakat Kota Sukabumi




SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Data Penduduk dan Layanan Kependudukan yang diinisiasi oleh Kelurahan Sudajayahilir,  bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Ketua RT dan RW dalam mengelola data kependudukan secara lebih baik, akurat, dan efisien, Jumat 27 September 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kelurahan Sudajayahilir dihadiri oleh Lurah Sudajaya Hilir, Ketua LPM, beserta jajaran kepengurusan, dan  Ketua RW RT se-Kelurahan Sudajaya Hilir.

Dalam sambutannya,  Kusmana Hartadji menekankan pentingnya pengelolaan data kependudukan yang baik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kota Sukabumi.

"Melalui bimbingan teknis ini, kami berharap Ketua RT dan RW dapat meningkatkan kapasitas dalam mengelola data kependudukan secara lebih baik, akurat, dan efisien," ujar Kusmana.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teknis mengenai sistem pendataan, tetapi juga bertujuan untuk memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan.

 berperan penting bahwa mengelolaan  data kependudukan pelayanan kita  kepada masyarakat harus ditingkatkan kapasitas ini akan berdampak langsung pada kualitas pelayanan publik, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kelurahan masing-masing," ungkap Kusmana.

"Harapan saya, Bapak/Ibu dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik, serta berkomitmen untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam pelayanan sehari-hari," tambahnya.

Pj Kusmana juga menyoroti pentingnya pengelolaan data yang valid di era digitalisasi ini, karena data penduduk tidak hanya berfungsi sebagai alat administrasi, tetapi juga sebagai dasar perencanaan pembangunan, kebijakan sosial, dan peran penting untuk pelaksanaan program-program Pemerintah.

"Peran RT dan RW sebagai garda terdepan dalam pengumpulan dan pengelolaan data penduduk menjadi sangat krusial,"  tegas Kusmana.


Reporter:
Ronald Alexsander

BACA JUGA BERITA LAINNYA