Breaking News

SDN Babakan Caringin Siapkan 13 Siswa Siswi Terbaik Ikut Lomba FTBI Yang Akan Di Gelar Di SDN Cipanas




SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - 
SDN Babakan Caringin Kecamatan Ciramiang Kota Sukabumi, telah mempersiapkan 13 Siswa siswi, untuk mengikuti Lomba Festival Tunas Bahasa Indung ( FTBI) tingkat Kecamatan Citamiang Yang akan berlangsung pada hari selasa tanggal 10 September 2024, di SDN Cipanas Kota Sukabumi.

Kepala SDN Babakan Caringin Hj. Ucu Surviani, S.Pd. SD. Mengatakan. Sekolahnya telah mempersiapkan sebanyak 13 orang siswa siswi terbaiknya, untuk ikut dalam ajang Lomba Festival Bahasa Indung ( FTBI) Tingkat Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi Tahun 2024.

"Saat ini kami telah mempersiapkan 13 orang kandidat siswa siswi terbaik dari SDN Babakan Caringin untuk ikut dalam ajang lomba FTBI. Mudah - mudahan SDN BBC ada yang mendapat prestasi atau mendapat juara dan bisa mengikuti lomba tingkat kota seperti tahun tahun sebelumya, dan mudah - mudahan SDN Babakan Caringin ini ( SDN BBC) bisa mengembangkan prestasi dan meraih kembali juara di Lomba FTBI ini,"paparnya kepada beritaekpos. com, sabtu ( 7/9/2024).

Adapun ajang lomba Festival Bahasa Indung yang akan diikuti siswa siswi SDN Babakan Caringin di antaranya, lomba  Pupuh  oleh 2 orang siswa, Biantara 2 orang,Sajak, 2 orang, Carpon 2 orang, Ngadongeng 2, orang, 1 orang dan Aksun atau Aksaran sunda  diikuti oleh 2 orang siswa.

 SDN Babakan Caringin pada tahun tahun sebelumnya mendapatkan juara Pupuh, sama ngadongeng dan sama Aksun  atau aksara sunda dan yang suka juara itu ada 4 Kategori lomba,"jelasnya.

Masih Kata Bu Ucu sapaan akbrab Ucu Surviani, menambahkan sejak dirinya awal   datang dan menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN Babakan Caringin tahun 2022 Sekolahnya selalu mendapatkan juara.

Sementara itu, adapun sekolah yang mengikuti lomba FTBI Tingkat Kecamatan Citamiang dikatakan Ucu Surviani ada sekitar 24 Sekolah Dasar dan salah satunya SDN Babakan Caringin Kota Sukabumi dan semoga semunya dalam keadaan siap dan sehat.

"Pelaksanaan Lomba FTBI tahun ini,  akan dilaksanakan di SDN Cipanas pada tanggal 10 September 2024 dan ada 24 SD yang akan ikut dalam ajang lomba FTBI se -Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi tahun 2024 dan ada 7 lomba yang akan diikuti siswa siswinya,"bebernya.

Lanjut dia mengatakan biasa nya kecamatan Citamiang selalu jadi mewakili tingkat kota Sukabumi ke tingkat provinsi, tahun 2023 kemarin perwakilan dari Citamiang ada dua lomba yg masuk ke tingkat provinsi yaitu Pupuh sama ngadongeng, mudah mudahan kecamatan Citamiang meraih lagi prestasi seperti tahun - tahun sebelumnya.

Bahasa ibu adalah harta berharga yang perlu dijaga dan dilestarikan. Melalui festival ini, kami ingin membangun kesadaran akan kekayaan bahasa daerah kita serta memotivasi anak-anak dan masyarakat luas untuk mencintai dan merawat bahasa ibu mereka. 

Bahasa daerah adalah jendela menuju identitas, sejarah, dan kekayaan budaya kita. Melalui bahasa daerah, kita bisa memahami cerita nenek moyang kita, tradisi-tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, dan nilai-nilai yang memperkuat persatuan dalam keanekaragaman. Bahasa daerah adalah warisan berharga yang perlu kita jaga dengan baik.

"Lanjutnya, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)  ini memberikan ruang kepada generasi muda untuk mempelajari bahasa daerah dengan menyenangkan dan menjaga kelangsungan bahasa Daerah," tutupnya.

OIS

BACA JUGA BERITA LAINNYA