Breaking News

Hadiri Musrenbang Desa, Camat Warungkiara Titik Beratkan Musrenbang Tetap Mengacu Kepada RPJMDes




SUKABUMI," BERITAEKSPOS.COM - 
Camat Warungkiara, Ali Murtado, hadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Desa Mekar Jaya dan Desa Hegarmanah Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Rabu (09/10/24).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan dan penetapan RKPDes tahun 2025 dan DU RKPDesa Tahun 2026.

Kepada Wartawan Camat Warungkiara, Ali Murtado menyampaikan, hari ini kita melaksanakan Musrenbang di dua Desa, yakni di Desa Mekarjaya dan Desa Hegarmanah.

"Dalam Musrenbang ini, pertama  saya titik beratkan bahwa kegiatan Musrenbang ini tetap mengacu kepada RPJMDes yang sudah di tetapkan,"kata Ali Murtado Rabu (09/10/24).

Ia mengatakan, jadi, RKP nya itu tetap berdasarkan kegiatan-kegiatan yang sudah tertera di dalam RPJMDes. Kemudian kita ingin mendorong Desa agar bisa menggali potensi yang nanti kedepannya bisa menjadi sumber penghasilan asli Desa.

"Jadi, kalau sumbernya dari penghasilan asli desa (PADes) akan lebih leluasa buat masyarakat untuk mendorong partisipasi  swadaya baik sifatnya itu melalui gotong royong ataupun nanti dari ketaatan warga dalam membayar pajak PBB maupun pajak kendaraan bermotor yang di dalamnya ada dana bagi hasil buat ke pemerintah Desa,"ungkapnya.

Kita mendorong desa,  lanjut kata dia, untuk mencari program-program yang sifatnya lintas sektoral melalui program dan kegiatan yang ada di dinas yang tentunya desa harus menginventalisir kegiatan- kegiatan yang menjadi kewenangan di tingkat Kabupaten provinsi maupun pusat.

"Selain itu, tambah dia, ada banyak potensi yang perlu dikembangkan di Warungkiara ini dan saya lihat potensi itu ada di bidang UMKM  yang hari ini sudah mulai naik, selanjutnya  ada juga  arung jeram yang hari ini ada melintasi di empat desa yaitu di Desa Kerta Mukti, Sirnajaya, Tarisi dan Hegarmanah, itu potensi yang perlu dikembangkan oleh desa,"paparnya. 

(De)

BACA JUGA BERITA LAINNYA